AC (Ambacht Cursuus) Bangunan Sekolah Bersejarah Bukit Samak Serta Pertimahan Zaman Kolonial

SERBA SERBI112 Dilihat

Viosarinews.com, Manggar, Belitung Timur __ Peninggalan sejarah timah pada zaman Kolonial Belanda yang pernah ada di Pulau Belitung
Sekolah AC (Ambacht Cursuus)
Rumah Dinas Bupati Belitung Timur
Pantai Olie Pier Belitung Timur
Lokasi Bukit Samak dan Destinasi wisata Sekitar Kota Manggar Pantai Lalang, Pantai Serdang, Bukit Samak Manggar, sejarah timah pada zaman Kolonial Belanda yang pernah ada di Pulau Belitung, Bukit samak Manggar yang berada di Kota Manggar sangat erat kaitannya dengan sejarah pertambangan Timah pada zaman Kolonial Belanda.Kamis (21/07/2023)

Hal ini terlihat karena di sekitar Bukit Samak Manggar terdapat bangunan bersejarah seperti bangunan sekolah AC (Ambacht Cursuus), Rumah ex tuan kongsi yang sekarang jadi rumah dinas Bupati Belitung Timur, beberapa bangunan rumah penduduk yang masih memiliki ciri khas bangunan Belanda dan Pantai Olie Pier yang merupakan bekas stasiun pengisian minyak kapal keruk timah. berikut ini penjelasan diantara beberapa bangunan zaman kolonial yang ada di sekitar Bukit Samak ;

Sekolah AC (Ambacht Cursuus)
sekolah STM STANIA yang kemudian menjadi sekolah SMK STANIA Manggar, di zaman kolonial Belanda Sekolah ini disingkat dengan AC (Ambacht Cursus) didirikan pada zaman kolonial Belanda pada tahun 1928. bangunan ini merupakan konvensasi yang diberikan oleh Billiton Maatschappij untuk masyarakat belitung timur. sekolah ini merupakan sekolah teknik pertukangan dan mesin, yang sekarang menjadi 2 jurusan namun mesin dan listrik, bangunan ini digunakan sebagai sekolah STM Stania dan kemudian berubah menjadi SMK STANIA di kota Manggar Belitung Timur.

Seiring perkembangan pariwisata di belitung timur, pemerintah setempat akan menjadikan bangunan kecil di sebelahnya sebagai Galeri Sejarah Pertimahan di Pulau Belitung.

Dibangunan yang lain termasuk rumah dinas Bupati Belitung Timur merupakan salah satu warisan sejarah kolonial Belanda di Pulau Belitung. bangunan ini dulunya merupakan rumah Tuan Kongsi yang merupakan tempat kediaman kepala Administrator pertimahan pada jaman kolonial. rumah ini sempat digunakan sebagai rumah Kepala Wilayah Produksi (Kawilasi) PT. Timah sebelum akhirnya menjadi rumah dinas bupati kabupaten Belitung Timur.

Sementara dari sisi Pantainya, pantai Olie Pier Belitung Timur, dulunya merupakan stasiun pengisian bahan bakar minyak untuk kapal kapal yang mengangkut hasil timah pada zaman kolonial Belanda. terlihat juga jembatan yang sudah rusak sepanjang 500 meter ini menjadi saksi bahwa dulunya di kota manggar merupakan sempat menjadi pelabuhan tua pada zaman kolonial dan merupakan kejayaan pertambangan timah pada saat itu. dermaga ini dulunya dibangun oleh perusahaan Belanda yang bernama NV Billiton Maatschappij namun sayangnya dermaga tidak terawat dan hancur termakan usia sehingga hanya tampak puing puing dan tiang tiang dermaga yang rapuh di sepanjang pantai Olie Pier.

Disisi lain lokasi Bukit Samak dan Destinasi wisata sekitar Bukit samak terletak di desa Lalang kota manggar kabupaten Belitung Timur. lokasi dari bandara H.As. Hanandjoedin Tanjung Pandan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan rata rata mengendarai kendaraan dengan transportasi darat dengan jarak tempuh kurang lebih 80 km.

Beberapa lokasi wisata yang dekat dengan bukit samak bisa anda kunjungi dan menikmati keindahannya.

Pantai Lalang
Turun dari bukit samak yang tidak jauh jaraknya terdapat Pantai lalang atau pantai nyiur melambai, sesuai namanya Pantai ini berlokasi di desa lalang kota manggar. lokasinya tepat di sebelah barat daya pantai Olie Pier. di sekitar Pantai juga terdapat beberapa pohon cemara yang menjadikan pantai ini lebih indah untuk spot foto.

Kini kota Manggar Belitung terkenal dengan 1001 warung kopi dan tambang timahnya.

(Kaperwil Babel : Suhartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *