Jumat Curhat di Desa Pasir, Kapolres Mempawah Ajak Masyarakat Perkuat Kamtibmas di Tahun Politik

Mempawah, Polda Kalbar – Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansuyah kembali melaksanakan silaturahmi ke masyarakat dengan tajuk “Jumat Curhat”.

Kali ini Kapolres beranjangsana di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Jumat (6/1/2023) pagi.

Lebih dari 50 perwakilan masyarakat Desa Pasir hadir, termasuk Kepala Desa Abdul Hamid, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda maupun mahasiswa.

Sementara Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah tampak didampingi Wakapolres Kompol Rully Robinson Polii, PJU Polres Mempawah, Kapolsek Mempawah Hilir dan anggota, beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Mengawali Jumat Curhat, Fauzan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan peran aktif seluruh elemen masyarakat Desa Pasir yang selama ini telah membantu Polres Mempawah untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan damai.

“Saya mengetahui situasi kondisi Desa Pasir yang heterogen, dan saya bangga kerukunan beragama maupun solidaritas masyarakat di sini sangat baik. Saya berharap situasi kamtibmas yang sudah baik dapat terus dijaga,” imbuhnya.

Terlebih, saat ini sudah memasuki tahun politik. Itu berarti seluruh rakyat Indonesia tengah memulai tahapan proses pesta demokrasi untuk memilih Presiden-Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, Anggota DPRD Provinsi hingga Anggota DPRD kabupaten/kota secara serentak pada 14 Februari 2024.

“Yang nantinya akan dilanjutkan lagi dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Bupati/Walikota pada 27 November 2024,” imbuh Kapolres Mempawah.

Karena ini pesta demokrasi, lanjut AKBP Fauzan Sukmawansyah, maka seluruh lapisan masyarakat harus menyambutnya dengan gembira dan memberikan dukungan penuh kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

“Dan tak kalah penting, masyarakat hendaknya bisa bergandengan tangan dengan TNI/POLRI maupun unsur stakeholder lainnya guna memperkuat situasi kamtibmas yang aman, khususnya di Kabupaten Mempawah dan Desa Pasir,” imbuh Fauzan.

Selain menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, Jumat Curhat ini digelar dalam rangka menyerap aspirasi dan masukan masyarakat. Hal ini juga untuk menindaklanjuti Program Quick Wins Presisi pada Program 2 Optimalisasi Pelayanan Publik.

“Kegiatan ini kita laksanakan setiap Jumat, dan lokasinya bisa berpindah-pindah agar semakin banyak masyarakat yang bisa bertemu dengan kami dalam suasana yang lebih santai,” ujarnya.

Kapolres menyadari, masih banyak masyarakat yang masih segan untuk mengadukan berbagai permasalahan yang terjadi ke Polri, sehingga Polri yang harus lebih proaktif hadir di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut Kapolres mempersilahkan masyarakat Desa Pasir untuk menyampaikan permasalahan, baik terkait pelayanan kepolisian (SIM, SKCK dll), masalah penegakan hukum dan lalulintas.

“Atau jika ada persoalan kamtibmas lainnya yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat, namun belum ada penyelesaiannya, maka saya persilahkan untuk disampaikan kepada kami,” ucap dia.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Mempawah juga membagikan nomor HP/WhatsApp pribadinya agar masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi pelayanan kepolisian dan pengaduan 1×24 jam.

Dipandu MC terkemuka Mempawah Gatot Plastik, jalannya dialog Kapolres dan masyarakat berlangsung apik dan santai.

Sejumlah masukan dan pertanyaan pun disampaikan. Misalnya tentang upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, pelayanan dan penegakan hukum, dan lain sebagainya.

Semuanya dijawab tuntas oleh Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah bersama jajaran PJU Polres Mempawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *