Libur Lebaran 2024, Polres Jepara Gelar Pengamanan Hingga Gencarkan Patroli ke Objek Wisata

Libur Lebaran 2024, Polres Jepara Gelar Pengamanan Hingga Gencarkan Patroli ke Objek Wisata

TNI-POLRI37 Dilihat

Viosarinews.com,  Jepara –  Objek wisata di Kabupaten Jepara mulai ramai dikunjungi di hari kedua lebaran, Kamis (11/4/2024). Kondisi tersebut membuat petugas kepolisian mulai bersiaga dan diterjunkan untuk melakukan pengamanan hingga menggelar kegiatan patroli.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel gabungan untuk melaksanakan pengamanan sekaligus menggencarkan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan peningkatan patroli. Sasarannya, kata dia, yakni lokasi yang menjadi tempat salat Idulfitri 1445 Hijriah.

Sasaran lainnya, yakni tempat-tempat objek wisata. Di antaranya, objek wisata Pantai Teluk Awur, Pantai Bandengan, Pantai Kartini, Pulau Panjang dan objek-objek wisata lain yang memang pada libur Lebaran ini diprediksi ramai pengunjung.

Adapun khusus objek wisata pantai maupun wisata air menjadi perhatian khusus. Sehingga nantinya akan disiagakan personel pengamanan setiap harinya yang tergabung dalam Strong Point Operasi Ketupat Candi 2024 di lokasi tersebut.

Kabag Ops mengingatkan warga Kabupaten Jepara dan sekitarnya yang hendak berwisata air untuk memastikan keamanannya, terutama yang hendak menaiki speedboat atau perahu wisata harus memakai jaket pelampung (life jacket).

”Kami berharap budaya keselamatan di wisata perairan menjadi budaya semua pihak,” ujar Kompol Sutono saat ditemui disela-sela kegiatan patroli di Pantai Bandengan, Kamis (11/4/2024).

Selain itu, Kompol Sutono juga mengimbau pengelola dan operator perahu wisata air untuk tidak menaikan penumpang melebihi kapasitas muat perahu wisata. Sebab justru membahayakan penumpang.

Dia pun mengajak semua pihak memahami pentingnya keselamatan saat berwisata di perairan dan menjadikannya sebagai kebutuhan dalam pemenuhan aspek keselamatan.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau warga yang hendak berpergian untuk memastikan tempat tinggalnya terkunci dengan aman serta memastikan colokan listrik dan regulator kompor gas telah dicabut.

Sebelumnya, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2024 Polres Jepara menyiapkan 500 personel. Selain itu, ada bantuan personel TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan stakeholder terkait.

Menurutnya dalam pengamanan Operasi Ketupat tahun ini ada hal yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini fokus dalam pengamanan pelayanan di jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 hingga obyek wisata.

“Untuk pengamanan Lebaran tahun 2024 ini, Polres Jepara juga telah menyiapkan 31 pos titik strong point yang ditempati personel langsung di jalur yang perlu menjadi perhatian apabila terjadi kepadatan lalu lintas arus mudik. Termasuk di objek wisata,” pungkasnya.

(Humas Polres Jepara)

Vio Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *