Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-9, Bupati Sampaikan Amanat Menpora RI

Berita112 Dilihat

Viosarinews.com, Ketapang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 9. Upacara diikuti oleh TNI/Polri, Satpol PP, siswa sekolah serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Ketapang, Sabtu (28/10/2023).

Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Ketapang ini berlangsung secara khidmat. Selama prosesi upacara berlangsung para peserta menggunakan baju adat dari berbagai macam daerah.

Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos saat memberikan amanat menerangkan, momentum Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 9 mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“HSP tahun ini bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” ujar Bupati saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

Bupati melanjutkan, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

“Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain,” lanjutnya.

Usai menggelar upacara, Pemkab Ketapang juga memberikan beberapa penghargaan dan hadiah seperti pemenang lomba desain logo Daerah Otonom Baru (DOB), penghargaan kepada Pangdam XII Tanjungpura, tali asih kepada keluarga pahlawan Uti Usman, Tentemak dan Kenduruhan bajir, penghargaan kepada pelestari budaya Ketapang, sertifikat akreditasi fasilitas kesehatan, piagam penghargaan kepada pengusaha yang menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ketapang dan penghargaan-penghargaan lainnya.

(Hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *