Warga Tuna Netra Butuh Uluran Tangan Pemkab Pandeglang

Berita255 Dilihat

KAB. PANDEGLANG, – Sungguh miris, warga miskin Umar mengalami tuna netra, beralamat di Kampung Kayu Ambon RT 04/05, Desa Sukasari, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang – Banten, Selasa (08/08/2023) sekira pukul 08.30 WIB.

Saat dikonfirmasi awak Media Purna Polri, Umar mengatakan sebelum mengalami kebutaan, saya kerja dipabrik triplek. Awalnya, mata kemasukan abu waktu bekerja. Disitulah, mata mulai rabun karena melihat itu samar – samar sampai sekarang ini tidak bisa melihat sama sekali.

Umar menambahkan, dua bulan yang lalu sempat berobat ke Rumah Sakit Cikoneng, cuma di kasih obat aja, tapi tetap tak bisa melihat.

“Saya mengalami kebutaan sudah tiga tahun yang lalu, selama ini tidak bisa berbuat apa – apa. Apalagi untuk mencari nafkah buat keluarga, itu sudah tak mampu lagi untuk bekerja. Selama mengalami kebutaan, saya tidak pernah mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah, sembako atau pun uang tunai dari pemerintah atau pun Bantuan Langsung Tunai (BLT) ADD dari Desa Sukasari. Saya warga miskin yang butuh uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang, jangan kan untuk operasi mata, buat makan keluarga pun sudah tak berdaya. Saya ingin sembuh dari penyakit, tapi saya tidak mempunyai BPJS Kesehatan yang di biayai dari Pemerintah, karena saya hanya warga kecil yang tidak bisa berbuat apa – apa,” ucap Umar kepada awak Media Purna Polri.

Ditempat terpisah, Ketum LSM Seroja Indonesia Taslim Wirawan mengatakan pemerintah desa setempat harus peka kepada warga miskin yang layak untuk dibantu. Kesehatan itu sangat utama sekali untuk warga lingkungan desa, apalagi warga miskin yang sudah tidak bisa berbuat apa – apa karena mengalami kebutaan.

“Disamping itu, pemerintahan desa pun harus menyalurkan bantuan sosial bagi yang layak untuk menerima sebagai keluarga penerima manfaat. Bukti dan fakta, Umar mengalami kebutaan yang sudah tidak bisa berbuat apa – apa, selama ini tidak pernah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah pusat mau pun Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran dana desa. Kami selaku kontrol sosial meminta kepada Ibu Hj.Irna Narulita selaku Bupati Pandeglang bisa membantu pengobatan Umar untuk menjalankan operasi mata nya. Selain itu, para pejabat dari tingkat desa Sukasari dan Kecamatan Kadu Hejo untuk peduli atas dasar kemanusiaan bagi warga nya (Umar – red) yang benar – benar butuh uluran tangan dari instansi terkait diruang lingkup Pemkab Pandeglang,” tegas Taslim Wirawan kepada awak Media Purna Polri, Selasa (08/08/2023).

Hingga berita ini ditayangkan, awak Media Purna Polri belum mendapat keterangan dari Kepala Desa Sukasari Mamun.

(Penulis : AH 72/Team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *