Aparat Gabungan Mulai Digeser ke TPS, Siap Amankan Ribuan TPS di Jepara

TNI-POLRI15 Dilihat

Viosarinews.com,  Jepara –  Jateng – Dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar Apel Pergeseran Pasukan di Lapangan Apel Mapolres Jepara, Selasa (13/2/2024).

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, di wilayah Kabupaten Jepara terdapat sebanyak 3.490 TPS dan pasukan yang dikerahkan sebanyak 955 personel

“Jumlah tersebut sudah termasuk penambahan dari BKO Kodam IV/Diponegoro sebanyak 96 personel,” ujar Kapolres Jepara saat diwawancarai usai Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS di Lapangan Apel Mapolres Jepara, Selasa (13/2/2024).

Selain TNI-Polri, pengamanan TPS juga melibatkan Linmas sebanyak 7.824 personel.

“Jadi total keseluruhan ada 8.779 personel yang dikerahkan dalam kegiatan pengamanan TPS ini,” ungkap AKBP Wahyu.

“Mereka bertugas sejak hari ini hingga tanggal 15 Februari,” sambung Kapolres.

Menurut Abituren Akpol 2003 ini, secara umum TPS-TPS di Kabupaten Jepara dalam kategori aman. Hanya saja personil pengamanan harus ektra perhatian di beberapa TPS yang rawan bencana alam seperti longsor hingga cuaca ekstrem yang harus diantisipasi baik pengamanan dan pendistribusian logistik, antara lain TPS diwilayah Kecamatan Donorojo, Keling hingga Karimunjawa.

Untuk diketahui, apel ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta didampingi oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq.

Edy mengatakan, pelaksanaan apel ini dimaksudkan untuk memantapkan kesiapsiagaan petugas atas tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu, tujuan dilaksanakannya apel pergeseran pasukan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan tugas anggota di lapangan.

Hal ini demi kesuksesan penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jepara.

“Pesan saya, pahami tugas pokok di tempat pemungutan suara dan laksanakanlah tugas pengamanan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, karena kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama besar untuk mengawal terselenggaranya pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Jepara secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil serta aman,” pesan Edy pada peserta apel.

Dia menyebut, Polres Jepara tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu ini.

Oleh karena itu dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel keamanan yang tergabung dan akan bertugas bersama dengan Polres Jepara dalam pengamanan di TPS.

(Vio Sari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *