Dibawah Kepemimpinan Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, Polresta Barelang Raih 18 Penghargaan

Viosarinews.com,  BARELANG – Polresta Barelang menggelar rilis capaian kinerja akhir tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, pada Kamis (28/12/2023) nampak Wakapolresta AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH, ikut mendampingi. Acara bertempat di Lantai 3 Mapolres Barelang Jl. Sudirman No.4, Sukajadi, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Turut hadir sederet pejabat di Polresta Barelang termasuk didalamnya ,Kasat Reskrim ,Kasat lantas ,kasat Humas ,Res Narkoba ,PJU Polresta Barelang ,Para Kapolsek dan sederet jajaran lainnya serta sejumlah awak media daerah maupun Nasional yang sempat memenuhi memadati setiap sudut ruangan tersebut guna untuk peliputan sebagai moncong dan corong masyarakat tentunya.

Dalam kesempatan tersebut Resnarkoba menyampaikan laporan capaian kinerja sepanjang tahun 2023 serta berbagai kendala yang dihadapi serta segudang keberhasilan yang dicapai selama ini kepada Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, Wakapolresta Barelang dan AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH.

Dalam keterangannya , Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH menyampaikan pencapaian luar biasa masing-masing kesatuan, termasuk Sat Reskrim, Sat Narkoba, dan Satlantas.
Selama tahun 2023,
“ Satreskrim Polresta Barelang mencatatkan sebanyak 772 yang mana Kasus yang terselesaikan sebanyak 368 Kasus dengan rincian yakni Penipuan total kasus sebanyak 351 yang terselesaikan 102 dengan pencapaian 29%, “ jelasnya.

Selanjutnya Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH,melanjutkan keterangannya Penggelapan total kasus sebanyak 157 yang terselesaikan 86 dengan pencapaian 55%, pencurian total kasus sebanyak 411 yang terselesaikan 255 dengan pencapaian 62%, Kekerasan Seksual Anak total kasus sebanyak 226 yang terselesaikan 133 dengan pencapaian 58,8%, PMI total kasus sebanyak 54 yang terselesaikan 51 dengan pencapaian 94%, TPPO total kasus sebanyak 11 yang terselesaikan 11 dengan pencapaian 100%, Perjudian total kasus sebanyak 8 yang terselesaikan 8 dengan pencapaian 100%, Tipikor total kasus sebanyak 1 yang terselesaikan 1 dengan pencapaian 100%, Tipidter total kasus sebanyak 16 yang terselesaikan 16 dengan pencapaian 100%, Pembunuhan total kasus sebanyak 3 yang terselesaikan 3 dengan pencapaian 100%.” urai Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH yg juga Mantan Komandan Batalyon A Polda Sumatera Utara ini yang sebelumnya sempat menjabat sebagai Kapolres Binjai.

Putra Terbaik Kelahiran Madiun Jawa timur ini ( Kombes Pol Nugroho Tri N, SH- red ) juga memaparkan selama tahun 2023, Satresnarkoba Polresta Barelang telah menyelesaikan 71 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 113 orang, dengan berhasil melakukan penangkapan ganja 4.386,64 Gram, Sabu sebanyak 118.217,37 Gram, Kokain sebanyak 2.037 Gram, Ekstasi sebanyak 1.872 Butir, Pil Psikotropika 10 Gram,”ulasnya.

Tak luput dari pemaparannya dalam keterangan persnya, ia menjelaskan pentingnya aspek keselamatan Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) menjadi prioritas bagi Polresta Barelang terhadap keamanan dan keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas selama tahun 2023” terangnya.

Masih dalam karangannya itu, iapun menyampaikan tentang pentingnya aspek keselamatan Kamseltibcarlantas (keamanan,korban meninggal dunia sebanyak 93 orang, luka berat sebanyak 148 orang, luka ringan sebanyak 862 orang. Sedangkan Tilang dan Teguran pada tahun 2023 dijelaskannya.

” jumlah pelanggaran sebanyak 12.085 pelanggaran dan tilang sebanyak 6.985 dan teguran simpatik sebanyak 11.294.” jelasnya.

Selama tahun 2023, Kapolresta Barelang telah melakukan penilaian terhadap Polsek Jajaran sebagai inovasi yang merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, yang mana pada bulan januari diraih oleh Polsek Batu Aji, Februari diraih oleh Polsek Lubuk Baja, Bulan Maret di raih oleh Polsek Sekupang, April di raih oleh Batam Kota, Mei di raih oleh Polsek Galang, bulan Juni juga di raih oleh Polsek Galang, kemudian bulan Juli hingga Oktober diraih oleh Polsek Batu Ampar, Bulan November di raih oleh Polsek Nongsa.” Tegas Kapolres Barelang yang tersebut ramah oleh sejumlah awak media ini.

Lanjut Kombes Pol Nugroho Tri N, SH menegaskan, penegakan hukum dan penindakan hukum yang telah dilakukan adalah penindakan hukum di Simpang Dam Kota Batam terhadap tindak pidana perjudian dan Peredaran Narkoba. Kemudian juga dilakukan penegakan hukum terkait pemblokiran jalan di Rempang Galang. Kemudian juga telah dilakukan juga pengamanan aksi unjuk rasa terhadap masyarakat Rempang yang melakukan Demo di polresta Barelang yakni Gedung Pelayanan Publik terpadu Parama Satwika, Patroli Engku Putri, Satpas antar Antar-Jemput Disabilitas), SIBAKAU ( Polisi Sahabat Anak Pulau), Coaching Clinik Uji Teori dan Praktek R2 dan R4 serta SKCK Door To Door bagi kaum Disabilitas” tegasnya kembali dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu terkait inovasi yang telah di lakukan Polsek Jajaran adalah Gedung Pelayanan Publik Terpadu “Wiratama Bhayangkara” Polsek Nongsa, Duta Sosial Polsek Belakang Padang, Balai Bhabinkamtibmas Polsek Belakang Padang.” Urainya dengan Rinci.

Lantas terhadap Pengaduan Masyarakat Sebagai bentuk keterbukaan pelayanan kepada masyarakat, Dumas Presisi merupakan salah satu program prioritas Kapolri yang bertujuan untuk menyampaikan pengaduan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri, Pengaduan dapat dilakukan secara Online maupun datang ke kantor Polisi terdekat yang mana selama tahun 2023 terdapat 34 Dumas, yang mana 18 Dumas yang masih dalam proses dan 16 Dumas yang terselesaikan.

Kombes Pol Nugroho Tri N, SH dalam keterangan terakhirnya menyampaikan,” dalam menyikapi kesuksesan Polresta Barelang menjalankan tugasnya, berbagai penghargaan berhasil diraih sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta penegakan hukum kepada masyarakat Kota Batam. Polresta Barelang berhasil memperoleh sebanyak 18 penghargaan sepanjang tahun 2023 dari berbagai instansi terkait. Prestasi ini mencakup penghargaan dari Kementerian, Pemerintahan Daerah, dan instansi lainnya,”

Ia juga Menegaskan peran Polresta Barelang sebagai lembaga yang berkomitmen pada pelayanan dan profesionalisme di bidang Kepolisian.

Dengan capaian prestasi tersebut, Polresta Barelang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga keamanan bersama. Konferensi pers ini memberikan gambaran konkret mengenai upaya Polresta Barelang dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Batam, “ pungkasnya.

(Vio Sari/Lamhot)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *