Posko Mudik Lidik Krimsus Jateng, Memberikan Tempat Istirahat Para Pemudik Yang Nyaman

Berita33 Dilihat

Viosarinews.com,  __  Mudik ke kampung halaman saat lebaran menjadi tradisi tahunan bagi warga yang merantau di daerah yang jauh dari kampungnya. Berbagai macam mudik di lakukan, baik melalui sarana transpotasi umum maupun membawa mobil atau bahkan membawa motor sendiri.

Untuk menyiapkan kendala yang dihadapi para pemudik di jalan, seperti tempat istirahat, tempat sholat dan Kamar Mandi, Relawan Lidik Krimsus Jateng bekerjasama dengan Bankom Polrestabes dan komunitas relawan di dukung oleh Pandowo Eatery& Liquor Shop, MT LOVER, RAPI, Kecamatan Semarang Barat, Warta Global Nusantara, Bankom Polrestabes Wilayah Barat, Studio 351, Pemancingan Kunto Lamper Mijen, Media Suara Indo, Viosari News, Media PAINEWS dan para Donatur, mendirikan POSKO Mudik Lebaran di pertigaan Jl. Hanoman sebelum Kalibanteng Semarang, berkapasitas parkir sekitar 500 sepeda motor.

H.Herdi Indra,S.E.,M.M.Selaku Pembina Lidik Krimsus Jateng Kepada Awak Media mengatakan Lidik Krimsus Jawa Tengah merupakan Lembaga yang Independen, bergerak di bidang Kamtibmas, Kebencanaan, Informasi, Hukum dan Sosial.

Herdi menambahkan, kita akan menyediakan sekitar 30 bungkus nasi kotak setiap hari di Posko untuk berbuka puasa para pemudik sampai dengan tanggal 9 April 2024.

Lebih lanjut Herdi mengatakan, Posko Mudik Lebaran yang di dirikan oleh Lidik Krimsus Jateng kali ini sudah yang ke 5. Posko ini bermanfaat bagi pemudik, namanya Rest Area jadi posko ini memberikan pelayanan bagi pemudik khususnya yang membawa sepeda motor untuk bisa memanfaatkan istirahat di Posko ini dengan nyaman. Di posko ini disediakan kopi, teh, dan makanan ringan secara gratis, imbuhnya.

Tempat Parkir motor maupun mobil di sini sangat luas, kata Ketua Lidik Krimsus Jateng Poernomo Adi, S.E.yang biasa di panggil Pungky saat ditemui awak media di Posko Mudik Terpadu Kemanusiaan Arus Balik Lebaran 2024, Sabtu 06/03/2024.

Posko tersebut menyediakan tenda utama untuk beristirahat dengan kapasitas sekitar 15 orang, Tempat Sholat, tempat parkir dll.

“Kami menyediakan (posko, red.) sebagai tempat beristirahat. Pada prinsipnya cukup layak 24 jam ada kopi, teh panas, snack, dan makanan seadanya, imbuh Pungky.

Menurut Pungky, posko tersebut dimaksudkan untuk menyediakan tempat beristirahat bagi pemudik, terutama yang menggunakan sepeda motor dari arah Barat yang akan menuju ke arah timur, maupun ke selatan melalui Kota Semarang.

Ia menjelaskan pemilihan lokasi tersebut karena kawasan di pertigaan Jl. Hanoman ini menjadi jalur yang dilewati pemudik, terutama menggunakan sepeda motor yang menuju ke arah Timur, yakni Demak, Kudus, Pati, Rembang, Purwodai atau ke Jawa Timur dan juga ke arah selatan ke Solo dan Jogja.

“Kalau roda empat kebanyakan sudah melintas lewat tol. Untuk arah selatan, ke Solo Raya, maupun ke Timur. Arus Mudik diperkirakan mulai padat pada tanggal 5 April malam,” katanya.

Ade, salah satu pemudik dari Tangerang yang akan menuju Sidoarjo, kepada awak media saat ditemui sedang beristirahat di Posko Mudik Lidik Krimsus Jateng mengatakan, perjalanannya dari Tangerang sampai di Semarang berjakan dengan lancar.
Ade mudik kali ini mudik bersama ke 4 temannya dengan masing-masing mengendarai sepeda motor.

Alhandulillah, saya bisa beristirahat di Posko ini dengan nyaman, tutur Ade. Tidak lupa sebelum melanjutkan perjalanan ke Sidoarjo Ade berpamitan kepada para Relawan di Posko dan mengucapkan terima kasih atas pelayanannya selama istirahat.

Walaupun sudah ada himbauan dari Kementerian Perhubungan untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena ada program mudik gratis, tetapi pada praktiknya masih banyak yang mudik dengan motor.

Lidik Krimsus Jateng memiliki misi utama bergerak di bidang kemanusiaan yang tidak hanya tercakup pada Keamanan atau Kriminal, kebencanaan, namun ada fungsi sosial, seperti pelayanan saat arus mudik dan balik Lebaran.

Di saat tidak ada bencana, Lidik Krimsus Bersama dengan komunitas yang lain membantu pemerintah, mendirikan Posko Mudik untuk membantu para pemudik jika membutuhkan istirahat, atau bahkan jika terjadi permasalahan dengan mesin motor posko ini siap membantu. Kenyamanan pengendara terutama pemudik bisa memanfaatkan waktunya untuk beristirahat dengan aman dan bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Posko Mudik ini.

(Angger s)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *