Keluarga Besar Viosari News Mengucapkan Selamat “Hari Raya Idul Adha 1444 H / 2023 M”,  Peringatan Peristiwa Kurban dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT”

EDITORIAL130 Dilihat

Viosarinews.com,  Jateng __  Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting dalam agama Islam. Diselenggarakan tepat 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban. Hari Raya ini diperingati oleh kaum muslimin dari seluruh dunia sebagai penghormatan terhadap peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT.

Peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim adalah ketika Allah SWT memerintahkan beliau untuk mempersembahkan anaknya, Ismail, dalam kurban. Nabi Ibrahim menaati perintah tersebut dengan tulus hati dan mengikhlaskan anak kesayangan beliau sebagai kurban untuk Allah SWT. Namun, saat beliau hendak membunuh/menyembelih  Ismail, Allah SWT pun mengirimkan seekor domba betina untuk menggantikan Ismail sebagai kurban.

Maka, sebagai bentuk penghormatan terhadap Nabi Ibrahim dan peristiwa kurban yang dilakukan oleh beliau, umat muslim seluruh dunia memperingati Hari Raya Idul Adha dengan melaksanakan ibadah kurban. Pada hari yang sakral ini, kaum muslimin yang mampu menyembelih hewan kurban sebagai pengganti Ismail. Hewan kurban tersebut biasanya berupa sapi, kambing, atau domba dan jumlahnya sesuai dengan kemampuan masing-masing individu.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha kemudian biasanya dilanjutkan dengan Proses pemotongan hewan kurban yang dilakukan dengan penuh ketelitian dan kehati-hatian sesuai dengan syariat Islam. Sebelum dilakukan penyembelihan, hewan kurban dibersihkan dan dirawat dengan baik. Selanjutnya, hewan tersebut diletakkan di atas posisi tertentu yang disebut miqat, lalu disembelih dengan pisau yang tajam dan kecepatan yang tepat. Setelah disembelih, hewan kurban diberikan ke pihak tertentu, seperti panti asuhan atau lembaga kemanusiaan, dan atau dibagikan kepada masyarakat yang berhak dan membutuhkan.

Bagi masyarakat muslim, momen pembagian daging kurban ini memiliki makna yang sangat mendalam. Hal ini dikarenakan bagi mereka, kegiatan pembagian daging kurban bukan sekadar bentuk kepedulian sosial atau aksi kemanusiaan semata. Tetapi, lebih dari itu, momen pembagian daging kurban juga menjadi bentuk pengingat bagi mereka untuk membagikan kebaikan dan berbagi kasih sayang kepada sesama.

Dalam memperingati Hari Raya Idul Adha, umat muslim juga dianjurkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan dakwah dan sosial lainnya. Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan di Hari Raya Kurban di antaranya mengunjungi keluarga dan kerabat untuk saling menjalin silaturahmi, melakukan shalat Idul Adha secara berjamaah, membaca takbir, serta berdoa untuk memohon keberkahan dan kemakmuran yang berlimpah dari Allah SWT.

Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa kurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, momen ini juga menjadi ajang bagi masyarakat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita sambut Hari Raya Idul Adha dengan penuh suka cita dan semangat kebersamaan, serta berbagi kebaikan kepada sesama.

Keluarga Besar  Viosarinews.com  mengucapkan  ” Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H  /  2023 M, “

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *