Pastikan Keamanan Saat Libur Lebaran, Polisi Pantau Lokasi Wisata di Jepara

Pastikan Keamanan Saat Libur Lebaran, Polisi Pantau Lokasi Wisata di Jepara

TNI-POLRI35 Dilihat

Viosarinews.com,  Jepara –  Memasuki masa libur lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M, sejumlah objek wisata di Kabupaten Jepara mulai dipadati pengunjung pada hari Jumat (12/4/2024).

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran aktivitas wisatawan, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama jajarannya monitoring dan pengecekan langsung sejumlah objek wisata yang ada di wilayah kabupaten Jepara.

Adapun sejumlah objek wisata yang dilakukan pengecekan di antaranya adalah Pantai Bandengan, Pulau Panjang hingga Dermaga Pantai Kartini.

Kapolres Jepara mengatakan, bahwa monitoring dan pengecekan tersebut dilakukan sebagai langkah preventif. Sebab, pihaknya mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Jepara.

“Apalagi jumlah pengunjung akan meningkat saat libur panjang Idul Fitri atau Lebaran ini,” ujar AKBP Wahyu saat ditemui disela-sela kegiatan pengecekan objek wisata di Pulau Panjang, Jumat (12/4/2024).

Menurut mantan Kapolres Sukoharjo ini, dengan meningkatnya pengunjung bisa berpengaruh pada kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi wisata. Kerawanan terjadinya kriminalitas pun juga meningkat.

Itu sebabnya, AKBP Wahyu ingin memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran wisatawan dalam menikmati momen libur Idul Fitri khususnya selama di Kabupaten Jepara.

“Kami juga telah menempatkan personel bergabung bersama stakeholder terkait untuk mengamankan lokasi wisata,” kata Kapolres Jepara.

Abituren Akpol 2003 ini menambahkan, bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pengelola destinasi wisata agar memastikan keamanan para wisatawan. Sekaligus terus memantau situasi secara menyeluruh.

AKBP Wahyu pun mengimbau para wisatawan juga bersikap kooperatif selama berwisata. Seperti mematuhi aturan hingga mengikuti imbauan dan peringatan dari petugas.

“Apa yang dilakukan petugas menjadi upaya menghindarkan wisatawan dari kejadian yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Sri Puji Utami mengatakan, bahwa pengecekan sejumlah objek wisata yang dilakukan oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan beserta jajarannya ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seiring dengan jumlah pengunjung yang diprediksi meningkat selama libur Lebaran Idul Fitri tahun 1445 H/2024 M.

“Harapannya, situasi kamtibmas di obyek wisata Kabupaten Jepara selama libur lebaran terjaga tanpa adanya gangguan maupun tindak pidana lain,” ujar Ipda Puji.

Disamping itu, lulusan SIP angkatan 51 juga mengingatkan kepada para wisatawan yang hendak berwisata air untuk memastikan keamanannya, terutama yang hendak menaiki speed boat atau perahu wisata harus memakai jaket pelampung (life jacket).

”Kami berharap menjaga keselamatan di wisata perairan menjadi budaya semua pihak,” tegasnya.

Ia juga mengimbau pengelola dan operator perahu wisata air untuk tidak menaikkan penumpang melebihi kapasitas daya muat. Hal itu untuk mencegah kejadian yang membahayakan penumpang.

Ipda Puji pun mengajak semua pihak memahami pentingnya keselamatan saat berwisata terutama di kawasan perairan dan menjadikannya sebagai kebutuhan dalam pemenuhan aspek keselamatan.

(Humas Polres Jepara)

Vio Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *