Selain Benahi Bantaran, Sektor 8 Rutin Cek IPAL

SEPUTAR TNI252 Dilihat

Kab. Bandung, – Satgas Citarum Harum Sektor 8 di bawah Komando Kolonel Arm Nursamsudin, hingga saat ini terus berupaya melakukan berbagai usaha untuk mewujudkan program Citarum Harum.

Pembenahan Sungai Citarum yang berangkat dari status sebagai salah satu sungai terkotor di dunia, terus dilakukan secara pentahelix untuk mencapai target. Berbagai cara terus dilakukan seperti halnya yang telah dilakukan Serka Toto Karta, selaku Dansub 3 sektor 8.

Satgas Citarum Sub 3 Sektor 8 dipimpin Serka Toto Karta kembali melaksanakan pengecekan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) salah satu perusahan Washing di wilayahnya bertugas. Hal ini dilakukan sebagai tanggung jawabnya dalam menjalankan program pemerintah pada program Citarum Harum untuk merevitalisasi DAS Citarum. Sasaran utamanya agar sungai kebanggaan warga Jabar tersebut kembali menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat.

“Jum’at 27 Januari 2023 kemarin, kami Satgas Citarum Harum Sektor 8 Sub 3, kembali melakukan beberapa kegiatan untuk membenahi bantaran sungai. Selain menata bantaran dan membersihkan sampah, kami juga melakukan pengecekan Instalasi Pengolahan Air Limbah di salah satu pabrik washing yang berada di Kampung Bojong, wilayah RT. 14 Desa Gajah Mekar,” ujar Serka Toto kepada media saat ditemui di Posko Sub 3 Kp. Daraulin RT 05 RW 07 Ds. Nanjung Kec. Margaasih, Minggu (29/01/2023).

Saat dilakukan pengecekan, kondisi IPAL berfungsi dengan baik dan hasilnya limbah sudah dalam keadaan bening dan tidak berbau. Hal ini bukti bahwa dukungan dari semua pihak termasuk industri sudah berjalan dengan baik.

Selain kegiatan di atas, Satgas Sub 3 juga rutin melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga sekitar bantaran sungai. “Output dari komsos untuk menjadikan masyarakat di sekitar bantaran sungai lebih mencintai lingkungan di sekitarnya. Salah satu hal yang mudah dibiasakan adalah tidak lagi membuang sampah secara sembarangan, apalagi langsung dibuang ke aliran sungai,” jelas Serka Toto.

Satgas Citarum berharap masyarakat terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Sebab upaya untuk mewujudkan Program Citarum Harum tidak bisa dilakukan oleh Satgas saja melainkan perlu adanya dukungan dari semua pihak.

“Kami sebagai Satgas akan terus melakukan upaya maksimal dalam menyukseskan program tersebut dan kami mengimbau semua pihak turut berperan serta secara aktif tanpa mengenal lelah hingga tujuan tercapai,” pungkasnya.

(Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *